Bilik Opini
Berani Jujur & Bijak, Akal Tetap Sehat
Bilik Opini
Berani Jujur & Bijak, Akal Tetap Sehat

Update

Seandainya Nanggala 402 Dilengkapi Sekoci Seperti HDW 209 Milik India…

April 27, 2021 Update
Seandainya Nanggala 402 Dilengkapi Sekoci Seperti HDW 209 Milik India…

By Asyari Usman

Kapal selam HDW Tipe 209 buatan Jerman juga dipakai oleh angkatan laut India. Tetapi, ada satu perbedaan penting antara HDW 209 milik Indonesia dengan yang dipakai India.

Diperkirakan, perbedaan krusial itu mungkin saja bisa menyelamatkan 53 personel yang berada di Nanggala 402.

Apakah perbedaan itu?

Menurut media online India, The Print, HDW 209 yang dioperasikan India dilengkapi semacam sekoci (pod) penyelamat ketika terjadi krisis.

Sekoci itu “detachable” (bisa dilepas) dari induknya atau badan kapal selam kapan saja perlu dilakukan. Dan sekoci itu bisa membawa 50-an awak sebagaimana jumlah personel yang berada di Nanggala 402.

Kelima kapal selam (kasel) HDW 209 Indonesia tidak dilengkap fitur ini. Hanya milik India saja yang dilengkapi sekoci penyelamat itu.

KRI Nanggala 402 sudah pernah beberapa kali di-upgrade. Terakhir dilakukan pada 2012. Waktu itu, sebagian struktur rangkanya diganti. Sedang yang termasuk di-upgrade adalah baling-baling, sistem sonar dan sistem persenjataan.

Jerman sendiri tidak menggunakan HDW Tipe 209. Tapi, cukup sukses menjualnya ke negara-negara lain. Jenis ini merupakan kasel non-nuklir yang paling laris di dunia.

Seandainya KRI Nanggala 402 itu dilengkapi dengan sekoci darurat seperti yang ada di 5 kasel HDW 209 milik India, barangkali saja ada cerita dramatis tentang perjuangan untuk menyelamatkan diri.

Boleh jadi juga ada kejutan heroik yang mereka lakukan. Namun, Yang Maha Kuasa telah menentukan takdir Nanggala 402 dan 53 awaknya.[]

27 April 2021
(Penulis wartawan senior)

Write a comment