Sosial Politik & Hukum

Walikota Bekasi Terpapar Paham Radikal

By Asyari Usman Radikalisme tampaknya sudah merasuki birokrasi pemerintahan. Walikota Bekasi, Rahmat Effendy, termasuk salah seorang pejabat yang terpapar radikalisme kelas berat. Dia, lebih dua

100% ENZO ALLIE BERTAHAN DI AKMIL

Penyelidikan tuduhan terpapar Radikal HTI rupanya di jalankan oleh TNI, dalam menyikapi pemberitaan tentang taruna akmil Enzo Allie. Selain mencari informasi, TNI AD juga membuat

Hongkong Rasa Indonesia

Penguasa Hongkong menuduh para pendemo sebagai kaum radikal, penganut terorisme. Indonesia banget,deh. Cuma para elit pakar disana nggak ikut-ikutan bikin sayembara berhadiah jutaan rupiah.

“MUJAHID” Pancasila & Koruptor

Saya paling senang kalau meeting rapat di hotel yg menyediakan alat tulis pulpen, bukan pensil. Sebab sehabis rapat, saya bisa memunguti pulpen-pulpen itu untuk saya

Fitnah Itu Hantu Politik

Pergulatan politik di Indonesia saat ini, beda jauh dengan kancah politk pasca kemerdekaan. Pasca kemerdekaan, gelut persaingan politik cukup keras. Islam, nasionalis, liberal hingga komunis.

NEGARA ITU BERNAMA YAJIADA

Pemindahan Ibukota Negara yang tak berapa lagi akan di Deklarasikan oleh Presiden RI pada tanggal 19 Agustus 2019 ini menjadi perbincangan publik bahkan Perdebatan para

THE GHOST CITY

Wacana Pemindahan Ibu Kota sepertinya sudah akan terealisiasi, maksud saya Deklarasi Pemindahan akan dilakukan Oleh Presiden Jokowi konon pada tanggal 19 Agustus 2019 mendatang. Sejak

UNTUKMU, DEK MAHFUD

Dek mpud, aku hadir lagi Apalagi kehebohan yang kau bawa saat ini dek? Setelah kemarin kau enteng mengatakan daerah yang mendukung 02 terpapar islam garis

Epilog Pipiet Senja: Cahaya di Langit Baduy

Cahaya di Langit Baduy (Pipiet Senja) Cikapek, 15 Juli 2019 Kami, Ustadz Hilal Achmad, Maulana Amaududi, Nik Azizah, Ranus Syaputra dan saya, menuju Cikapek. Tepatnya

Pohon Sengon & Bendera Tauhid

Apa hebatnya pemerintah yang takut pada seorang Enzo yang berfoto bareng kalimat tauhid? Dimana letak kekuatan, kekuasaan yang selama ini dibangga-banggakan?

Strategi Prabowo Semakin Mantap

By Asyari Usman Benar juga, ternyata. Benar bahwa Prabowo Subianto adalah ahli strategi yang luar biasa hebat. Mula-mula dia memberikan legitimasi kepada Jokowi. Bersalaman di

Selamat Berpulang, Mbah Moen

Oleh : Iramawati Oemar Berpulang ke kampung halaman yang kekal abadi, di waktu yang baik, hari yang baik, tempat terbaik dan dilepas orang-orang terbaik pula,

Kafe Klandestin

Serial Kafe Klandestin: ABS (Asal Boneka Senang)

Ikhwanul Halim BilikOpini.com – “Ampon Wan, black coffee seperti biasa.” “Siap Profesor. Sibuk apa, Prof?” “Ini lagi mempersiapkan presentasi tentang pemimpin yang inkompeten.”  “Memangnya ada

Asal Bapak Senang Insya Allah Listrik Mati

Paham nggak teknologi super-critical boiler, electrostastic precipitator, flue-gas desulfurization ? Jangankan kita, presiden saja belum tentu paham. Makanya laporan asal bapak senang dengan istilah mentereng itu bikin presiden berani bilang, “ Mulai saat ini tidak ada lagi pemadaman listrik! “ Dan apa yang terjadi kemarin?

Maketum Yang Tertukar

Ketemu pak PS? Wuiih siapa yg tidak mau? Apalagi tawaran tersebut diberikan kepada mak-mak ketum, pastinya mereka akan berbondong-bondong daftar. Sayangnya tawaran tersebut hanya melintas

AGUM GUMELAR MEMBUAT KHILAFAH SEMAKIN BERSEMARAK

By Asyari Usman Anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres), Agum Gumelar, mengatakan yang paling dia khawatirkan adalah ideologi khilafah. Bukan marxisme-komunisme. Dia berpendapat, marxisme-komunisme tak mungkin

Kafe Klandestin

Serial Kafe Klandestin: Lomba Mati Lampu

“Ente jangan tiru cebong jadi dungu absolut gitu. Apa urusannya Gubernur DKI sama listrik? Yang ane maksud itu yang lima tahun lalu janji mau bangun pembangkit sampai 35.000 Megawatt. Juga enam bulan lalu bilang udah kagak ada pemadaman listrik—”

IMAM BESAR YANG “MENAKUTKAN”

Oleh: Iramawati Oemar Berawal dari sebuah pesan yang masuk lewat Whatsapps tadi malam, saya tertarik ikut challenge memasang foto Habib Rizieq Shihab. WA dari salah

APA KABAR DEMOKRAT?

Hingar bingar masalah rekonsiliasi, koalisi dan bagi jatah menteri memang terlalu sexi untuk di acuhkan. Sebagai pihak yang di menangkan KPU, Jokowi menjadi ratu lebah

FPI : TIDAK DI PERPANJANG? SIAPA TAKUT..!

Mereka yang membenci FPI, pasti berharap benar pemerintah gak memperpanjang izin FPI. Kalau itu terjadi, maka mereka akan bersorak dan menganggap FPI akan hilang dari

POLITIK CAKARAN AYAM

By Asyari Usman Di dunia konstruksi, teknik “cakar ayam” sudah lama ditemukan. Penemunya adalah Prof Dr Ir Sedijatmo. Tahun 1961. Teknik ini menghapus frustrasi pembangunan

Mobil Listrik Dan Logika Piknik

Oleh A Uwais Alatas Solusi polusi udara di kota-kota besar tidak akan bermakna apapun kalau hanya memenuhi opsi bisnis perorangan semata. Apalagi nantinya berbalut kepentingan

PANCASILA SEBAGAI IDEOLOGI DAN ALAT PERJUANGAN

Pancasila adalah sebuah kesepakatan bersama dan dasar Indonesia merdeka, kesepakatan inilah yang membuat semua suku2 di Nusantara bersatu dan membentuk sebuah bangsa dan kemudian negara.

PUSING 212: NEGARA DENGAN 80 JUTA TERORIS?

By Asyari Usman Hari-hari ini, para pengamat politik gencar membahas tentang apa yang akan terjadi terhadap gerakan 212. Gerakan ini terkenal dengan aksi damainya, terutama

Skor telak, 5 – 0 untuk Anies baswedan

Banyak kegunaan sosmed, rata-rata kegunaan sosmed di hubungkan dengan aktifitas sehari-hari. Namun ada sekelompok orang menganggap sosmed adalah sebuah hiburan. Lelah dan letih saat bekerja,

Kemkominfo: Salah Data, Salah Input atau Salah Cyduk?

Ternyata, Jokowi benar-benar serius ingin menjadi tiran despot terbego abad ini. Dari awal menjabat petugas partai, sudah berupaya mengendalikan kebebasan warga untuk berpendapat. Dimulai dengan memblokir aplikasi pesan Telegram, diikuti dengan ancaman pemblokiran kepada semua aplikasi medsos seperti Facebook, Youtube, dan lain-lain.

CEBONG BERMATA BUNGLON

Hal itu dimungkinkan karena Cebong bukan hanya bisa melihat dunia penuh warna dalam terang dan gelap, tapi dia ingin bisa melihat ke segala arah dalam sekali pandang sebagaimana Bunglon bisa melakukannya. Karena kekuasaan sudah memenuhi isi kolam, bukanlah hal yang sulit bagi Cebong untuk memiliki mata seperti mata bunglon.

Kafe Klandestin

Serial Kafe Klandestin: Kunker

“Kalau di negeri kita ada yang berani main fitnah begitu, sudah ditantang duel adu kebal ya, Ampon. Malah dahulu kala ditantang sama-sama loncat dari pucuk pohon kelapa.”

“Yang difitnah selamat ya, Poh Jampok?”

DEMOKRASI KONGLOMERAT

By Asyari Usman Sudah lama tak mendengar pekikan Demorkasi Pancasila. Juga tidak pernah lagi tertulis Ekonomi Pancasila. Juga, tidak ada lagi diskusi, seminar atau lokakarya

Yang Terlupakan

Oleh Alhadi Muhammad Beberapa kali ketemu dengan Ahmad Dhani di rumahnya, langsung di terima oleh beliau. Sepintas terlihat arogan dan sombong, tapi kalo sudah mengenal

TURUNKAN ANIES

Oleh Alhadi Muhammad “Gak beres kerjanya, manis di mulut gak ada bukti, bagusan Ahok kemana-mana, kerjanya jalan-jalan keluar negeri mulu, ngemeng doang katanya reklamasi dihentikan

SI BONEKA KAYU ITU BERNAMA, “KUDA TROYA”

Catatan Maya Amhar Banyak sekali orang berkata, boneka kayu itu bernama PINOKIO. Sebuah boneka yang dibuat oleh seorang tukang kayu. Hebatnya boneka itu, dia bisa

MIB, KOK GITU?

Foto : IG Ridwan Kamil dan Suhernawan

ZENG WEI JIAN DAN OBSESI POROS 3

By Asyari Usman Sebenarnya malas buang waktu hanya membicarakan Zeng Wei Jian (ZWJ). Tapi, karena cara jilat sana jilat sini (dia bilang orang lain, sikat

PRESIDENNYA MAK-MAK

Oleh Tetet Sito Dalam beberapa minggu terakhir pasca pembacaan putusan MK, para pendukung 02 terutama mak-mak militan di obok-obok perasaannya, padahal kami ikut aksi damai

Ujaran Kebencian Denny Siregar vs. Lisa Marlina

Denny Siregar diadukan ke Mabes POLRI oleh H. Fachrul Razi, Senator
 asal Aceh. Lisa Marlina dipolisikan oleh
Ni Luh Djelantik (NLD), desainer sepatu asal Bali.

Untuk kasus pertama, ini bukan baru sekali Denny Siregar bermasalah dengan masyarakat Aceh. Sebelumnya, pria yang cuma garang di dunia maya tapi melempem di ILC itu sudah pernah diadukan karena menghina orang Aceh demen PSK online.

gambar: pink floyd, wish you were here

JUMAT MABUK REKONSILIASI

Jumat bukan anti kepentingan bangsa dan negara, bahkan kalau Jumat diminta sekarang mati demi kepentingan bangsa dan negara, Jumat rela menyumbangkan nyawanya. Bagi Jumat, demi kepentingan bangsa sekarang sudah diobral dengan harga yang semurah-murahnya. Kata heroik demi kepentingan bangsa sudah menjadi barang rongsokan, yang hanya laku dijual di tempat pengepul barang bekas. Sama rongsoknya dengan label negarawan yang sekarang dijajakan di kaki lima bareng barang serba lima ribuan.

BATMAN JADI ACHILLES

Oleh Alhadi Muhammad “Oke bro gue turun di sini aja, gak usah masuk area parkir”. Albany mengiyakan, dan saya langsung turun menuju area parkir. Keluar

Tsamara Amani, POLITIKUS karbitan

Lagi-lagi tsamara mencari sensasi dengan cuitan yang memperlihatkan ketidak pahaman nya akan literasi. Pendekatan Nasdem pada diri Anies di komentari miring oleh PSI melalui kadernya

ANIES DIRANGKUL, ANIES DIPUKUL

Oleh : Iramawati Oemar Entah angin apa yang membuat Surya Paloh tetiba mengundang Anies Baswedan makan siang. Sekedar ingin mengalihkan fokus perhatian media dari “another

[COVID19 confirmed_title="Cases" deaths_title="Deaths" recovered_title="Recovered"]