Balya Nur
koleksi kaget

Koleksi Kaget Jokowi

Bagi Anda yang berpendapat, puasa tidak menghalangi untuk terus mengkritisi kebijakan penguasa yang bengkok, atau puasa tidak menghalangi untuk bertindak jika melihat kemaksiatan, sebagaimana pernah ada peperangan zaman Rasulullah saat bulan Ramadhan.

pulang kampung

Solusi Agar Bisa Mudik

Menurut Pak Presiden, pulang kampung itu kalau tidak punya rumah di Jakarta alias ngontrak. Bekerja di Jakarta, anak istrinya ada di kampung.

kadinsos mundur

Zakat Berujung Mundur

Banyak orang yang mengejar jabatan dan mempertahannya dengan segala cara. Baik dengan cara melanggar etika, melanggar peraturan negara, bahkan melangar ajaran agamanya. Tapi hal itu

sembunyikan informasi

Pemerintah Gagal Paham Tentang Rakyatnya

Minta rakyat menyalakan lilin daripada mengutuk kegelapan. Padahal tidak ada yang mengutuk kegelapan. Rakyat malah bercengkerama di kegelapan. Begitulah.

era jahe merah

Terima Kasih Era Jahe Merah

Kita telah masuk era peredaban baru. Era Jahe Merah. Era menolong tanpa pamrih sudah lewat. Kalau dulu terkadang kita tidak tahu siapa orang yang menolong kita. Kita hanya bisa berucap, “ Terima kasih pada orang yang telah menolong saya. Siapa pun dia. Semoga Allah membalas kebaikannya.”

koget 24

Mencegah Virus Koget 24

Pertanyaan yang susah juga dijawab. “ Ngarepin apa ya? Ngarepin Sandi jadi oposisi, nggak mungkin.Setelah Bang Sandi balik lagi ke Gerindra, ya dia harus ikut kebijakan Gerindra yang masuk dalam pemerintahan Jokowi.” Saya garuk-garuk kepala nggak gatel.

liberal udik

Liberal Udik

Jadi, kalau Anda punya pengetahuan agama yang cukup, silakan debat kaum liberalis non udik. Akan jadi pencerahan buat umat Islam. Tapi kalau menghadapi liberalis udik, nggak usahlah buang-buang waktu buat mendebat mereka. Karena sebenarnya mereka Cebong yang menyamar jadi liberalis. Jadi cukup ucapkan, “Cebong dungu!” Selesai.

laler

Rezim Mabok Laler

Saya memang sudah terbiasa di rumah Bang Rojak. Terkadang bikin teh sendiri, kalau lapar ambil nasi sendiri. Dari pagi perut belum kemasukan apa-apa. Udah mulain rada gemeteran, udah mulain keringat dingin. Daripada mabok laler mending bikin teh manis sendiri deh mumpung teh manis belum dipajakin sama rezim mabok laler.

presiden stupid

Geng Bronx Kampung Kolam

Walaupun ada juga teman-teman pengusung tagar My President Is An Idiot keberatan dengan tagar itu karena dianggap mempermalukan kepala negara di mata internasional. Kalau presidennya idiot, berarti rakyatnya wablikhusus yang memilih lebih idiot lagi. Kalau dilepaskan dari konteks memang begitu. Tapi tagar yang kedua ini jangan dilepaskan Dari konteks tagar pertama, dong.

boooong

Curhat Dong BOOOONG…

Begitulah rakyat yang mendambakan presiden mengurusi kesejahteraan rakyat sesuai dengan semangat pancasila, malah sibuk yang kaya begitu. Udah gitu malah minta rakyat mengucapkan salam pancasila pula. Lha, sampai saat ini Presdin belum mengucapkan salam pancasila dalam pembukaan pidatonya. Apa karena BPIP menganggap hanya rakyat yang nggak paham pancasila?

kompor meleduk

Jakarta Kebanjiran, Di Kolam Kepanasan Gara-Gara Kompor Meleduk

Faktanya, hujan dan banjir terjadi di mana-mana, tapi yang selalu jadi kambing hitam ya hanya goodbener DKI. Apa bedanya banjir di Jakarta dengan banjir di daerah daerah lain? Apakah banjir di Jakarta terasa seperti air comberan, dan daerah lain terasa seperti susu cokelat?

Rakyat Garuk -Garuk Kepala

Rakyat Garuk-Garuk Kepala

Semakin pejabat banyak bicara, semakin rakyat sering menggaruk kepala. Walaupun sampai rambut rontok karena keseringan digaruk, ya tetap saja ucapan para pejabat beda jauh dengan kenyataan yang dialami sehari –hari oleh rakyat.

move on

Mupon,Yud. Kemon Mupon!

Kepala BPIP membandingkan NU dan Muhammadiyah plus MUI yang disebut sebagai mayoritas, Ijtima ulama disebut minoritas. Nggak manggis to manggis lah perbandingannya. NU, Muhammadiyah itu ormas, Bro. Ijtima ulama bukan ormas. Anggota ijtima ulama secara pemahaman agama, ada yang ke-Nu-an, ada yang ke-Muhamadiyahan, bahkan ada juga yang NU tulen luar dalam. Ada juga yang masih menjabat sebagai pengurus MUI.

Kegagalan Citra

Jadi, Anies bukan hanya paham luar dalam kelakuan pemerintah pusat. Boleh dibilang, sebagian pemikirannya diwariskan disana. Makanya kalau pemerintah pusat sok sokan melarang ini itu, apalagi para pejabat-pejabat baru, Anies sudah tahu kemana arahnya.

Gorong-Gorong Toleransi

Di medsos, Akun-akun pendukung perintah malah banyak yang mencibir, apalagi akun-akun oposisi. Tentu saja ada juga yang membela dan mendukung. Tapi kalau ditanya, memangnya fungsinya gorong-gorong itu apa? Mereka nggak bisa jawab juga.

kodok baper

Kodok Jantan Dan Kodok Betina Sama-Sama Baper

Tugas kodok jantan menjaga agar pembuahan itu melahirkan kecebong-kecebong dungu. Kodok betina mencari jantan lain atau mencari kesenangan lain. Kalau musim hujan kaya gini kan air mengantri masuk ke dalam kolam. Kodok betina bisa mengatur lalu lintas antrian air. Ya, semacam itulah.

sakitnya tuh diperut

Sakitnya Tuh Di Perut

Tunggu punya tunggu, program “menggaji” para penagguran itu sampai bulan pebruari ini belum jelas juntrungannya. Barangkali Jeng Sri sakit perutnya sudah sampai tingkat akut berat. Lagu apa pun, komedi apa pun sulit mengobati sakit perutnya.

Cece Savitri Tweet

Kenapa Eh Kenapa Cempit Berani Mendodolkan Muslim?

Entah kenapa, yang membela Cempit cuma seuprit. Pada ngumpet dimana teman-temannya? Banjir bully seperti air bah menerjang akun Cempit. Bahkan ada yang bikin petisi. Mungkin Cempit lagi mikir, kok bisa begini? Apa dunia sudah berubah?

Perayaan Kematian

PERAYAAN KEMATIAN

Manusia manusia yang lelah seusai pesta, pasti juga tidak merasakan apa apa.Mereka cuma mendramatisir waktu,agar ekonomi tetap berputar pada setiap pergantian tahun.

Rizal Ramli PBNU

Sodokan Rizal Ramli Ke Jantung PBNU

Pernyataan itu kan kalau dihubungkan dengan janji 1,5 sama saja dengan “membeli” suara NU dengan imbalan kredit murah. Itulah yang bikin RR mengeluarkan jurus sodokan ke ulu hati PBNU.

Mug

Kata Bang Rojak, Ini Jaman Ordung

Bang Rojak ngomel lantaran soal lain. Soal hari besar keagamaan. Nah, luuuuu… Kok bisa ya? Coba simak baek-baek omelannya.

Persekusi

Persekusi Banser & Persekusi UAS

Jadi, persekusi tergantung bunyi ancamannya. Kalau mengancam agar mengucapkan takbir, itu persekusi. Kalau mengancam agar setia pada NKRI, itu bukan perseskusi. Tau ah gelaaaap.

Darurat Toleransi

Staf Berkebutuhan Khusus

Istilah Anak Berkebutuhan Khusus (ABK ) bukan soal penghalusan bahasa, tapi untuk memperluas kategori. Secara umum terbagi dua. Anak yang bermasalah dengan mental maupun fisik, dan anak yang punya kecerdesan akademis atau nonakademis melebihi anak pada umumnya.

Koalisi Lagibete Versus Jagung

Gara-gara Kejaksaan Agung bikin larangan calon PNS yang yang punya orientasi sex menyimpang (elgebete) agar mengubur mimpinya jadi pegawai Kejagung, maka munculah “koalisi” baru.

Pejara Yehova

Yehova Jadi Saksi Ketidakadilan Terhadap Islam

Peristiwa demi peristiwa yang terjadi di negeri ini seperti serial sinetron. Seri radikal radikul dengan Menag sebagai tokoh utamanya dimulai dari pernyataan “perang” terhadap radikalisme.

agnez mo dan presiden joko widodo

Agnez Mo, Pencitraan Yang Terluka

Sebenarnya sih kalau melihat tayangan utuh Video wawancara Kevan Kenney dengan Agnes Mo, nggak ada yang salah dengan pernyataan Agnez Mo. Bagian wawancara yang jadi

Intoleran Lompat Pagar

Umat Islam lagi diuji kesabarannya. Mulai dari punya Menag yang setiap hari “sarapannya” drama radikal radikul, Sukmawati yang tidak merasa bersalah telah menyamakan nabi Muhammad

Logika Menag Soal “KAFIR”

LOGIKA MENAG SOAL “KAFIR” Menag Fachrul Rozi saat memberi pembekalan bagi peserta Kemah Pemuda Lintas Paham Keagamaan Islam di Hotel Aryaduta, Tangerang Selatan, Rabu (6/11)

Jebakan Betmen Itu Bernama Dewas KPK

Kalau Fadli Zon dulu bilang Jokowi planga-plongo, dia mesti membatalkan ucapan itu. Bukan karena Prabowo sekarang jadi bawahan Jokowi, tapi karena yang ikut setuju pada

Gagap Radikal Radikul

Masyarakat minta pemerintah menjelaskan apa yang dimaksud dengan radikalisme? Kenapa yang disasar hanya umat Islam? Dalam acara ILC TV One, Menkopolhukam Mahfud MD menegaskan dengan

Machfud MD Soal Kafir

Begini saudara. Kalau mau melawan narasi, lawanlah dengan cara yang telak, seperti memukul meminjam tenaga lawan. Jangan menyebarkan hoax yang malah bikin kita kepukul balik.

Serba Salah Menag

Gaduh Menag baru karena ada dua hal. Karena hilaf dan nggak enak hati kalau terus terang, karena terkadang terus terang itu menyakitkan. Ada dua hilaf

Siapa Pinokio Jilid Dua?

Ada yang dari walikota, jadi gubernur, jadi presiden. Ada yang dari Menko jadi presiden. Ada juga dari Menko jadi wapres. Pernah juga jadi capres gagal,

Unjuk Rasa Dholalah, Unjuk Rasa Hasanah

Namanya juga unjuk rasa, kan mestinya bisa bermakna protes karena ketidaksukaan bisa juga dengan cara berpesta karena rasa cinta. Polisi melarang unjuk rasa protes terhadap

Balada Sepak Bola Duet Jokowi-Nahrawi

Kekalahan 1-3 dari Vietnam membuat Indonesia disejajarkan dengan Guam ( entah negara di benua apa ini ) dan Sri Lanka. Tim yang bertabur bintang naturalisasi

OKE DEH KALAU BEGITU, BOSS

Begini,Boss. Ente bilang, “ Hubungan saya dengan Pak Jokowi sangat mesra tapi banyak yang nggak suka. “ Pede banget ente,Boss. Bedakan dong,Boss. Pendukung Jokowi itu

Jelang Pelantikan Presiden, Rakyat Ada Dimana?

Jelang pelantikan Presiden dan wakil presiden pada 20 Oktober mendatang diwarnai oleh sejumlah pertistiwa kekerasan. Memang nggak ada hubungannya dengan pelantikan. Tapi tetap saja bikin

Protes Keras Para Pengamat Cucu

Cucu presiden tentu saja beda dengan cucuk rakyat kebanyakan. Persamaannya, kakek nampak lebih sayang cucu ketimbang anak. Perbedaannya, cucu presiden punya “nilai jual” buat pencitraan.

Biar Kalah Asal Sombong

Tahun 2015 Menpora atas nama pemerintah mengintervensi PSSI dengan membekukan kepengurusan PSSI. Tentu saja bikin FIFA geram tidak kepalang karena dianggap kitab suci sepak bola

Pengaduan Terhadap UAS, Ujian Akhir Semester Toleransi

Ajaran “bagiku agamaku dan bagimu agamamu “ di Indonesia disebut sebagai ajaran toleransi. Diamini oleh muslim dan non muslim. Tapi kenapa ketika ada ustadz yang bicara tegas soal tauhid itu kok malah dianggap intoleran? Bingungnya tuh disini.

Hongkong Rasa Indonesia

Penguasa Hongkong menuduh para pendemo sebagai kaum radikal, penganut terorisme. Indonesia banget,deh. Cuma para elit pakar disana nggak ikut-ikutan bikin sayembara berhadiah jutaan rupiah.

Pohon Sengon & Bendera Tauhid

Apa hebatnya pemerintah yang takut pada seorang Enzo yang berfoto bareng kalimat tauhid? Dimana letak kekuatan, kekuasaan yang selama ini dibangga-banggakan?

Asal Bapak Senang Insya Allah Listrik Mati

Paham nggak teknologi super-critical boiler, electrostastic precipitator, flue-gas desulfurization ? Jangankan kita, presiden saja belum tentu paham. Makanya laporan asal bapak senang dengan istilah mentereng itu bikin presiden berani bilang, “ Mulai saat ini tidak ada lagi pemadaman listrik! “ Dan apa yang terjadi kemarin?

CEBONG BERMATA BUNGLON

Hal itu dimungkinkan karena Cebong bukan hanya bisa melihat dunia penuh warna dalam terang dan gelap, tapi dia ingin bisa melihat ke segala arah dalam sekali pandang sebagaimana Bunglon bisa melakukannya. Karena kekuasaan sudah memenuhi isi kolam, bukanlah hal yang sulit bagi Cebong untuk memiliki mata seperti mata bunglon.

gambar: pink floyd, wish you were here

JUMAT MABUK REKONSILIASI

Jumat bukan anti kepentingan bangsa dan negara, bahkan kalau Jumat diminta sekarang mati demi kepentingan bangsa dan negara, Jumat rela menyumbangkan nyawanya. Bagi Jumat, demi kepentingan bangsa sekarang sudah diobral dengan harga yang semurah-murahnya. Kata heroik demi kepentingan bangsa sudah menjadi barang rongsokan, yang hanya laku dijual di tempat pengepul barang bekas. Sama rongsoknya dengan label negarawan yang sekarang dijajakan di kaki lima bareng barang serba lima ribuan.

Menghina Anies Sama Dengan Menghina Prabowo

Singkat cerita, menghina Anies sama saja dengan menghina Prabowo. Paling tidak, tidak menghormati Prabowo sebagai negarawan. Mereka maunya junjungan kubu mereka saja yang dihormati, tokoh kubu lain bodo amat!

[COVID19 confirmed_title="Cases" deaths_title="Deaths" recovered_title="Recovered"]