masyarakat sakit

๐Œ๐š๐ฌ๐ฒ๐š๐ซ๐š๐ค๐š๐ญ ๐˜๐š๐ง๐  ๐’๐š๐ค๐ข๐ญโ€ฆ!

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on tumblr
Share on email
Share on whatsapp

Jika kalian kejam terhadap orang-orang yang lemah, maka percayalah kalian akan diperlakukan dengan kejam pula oleh penguasa kalianโ€ฆ!

Acad Syahrial

Dalam kitรขb Shohรฎh al-Bukhรดrรฎ dan Shohรฎh Muslim disebutkan bahwa pada akhir tahun ke-18 Hijriyah, masyarakat โ€˜Arab di Hijaz, Tihana, dan Najd mengalami musim kemarau yang panjang sehingga terjadi masa paceklik. Selama 9 bulan tidak turun hujan, padahal hujan menjadi sumber kehidupan pertanian dan peternakan mereka. Ada riwayat yang mengatakan bahwa pada masa inilah Kholรฎfah โ€˜Umar ibn al-Khoththรดb ุฑุถูŠ ุงู„ู„ู‡ ุชุนุงู„ู‰ ุนู†ู‡ tidak menjatuhkan hukuman potong tangan terhadap pencuri yang mencuri untuk makan.

Di dalam kitab al-Muwathoโ€™nya, Imรขm Malik ibn Anas ุฑุญู…ู‡ ุงู„ู„ู‡ ุชุนุงู„ู‰ meriwayatkan bahwa ada orang yang datang mengadu kepada Kholรฎfah โ€˜Umar perihal budaknya yang mencuri (untuk makan) dan meminta dijatuhkan hukuman. Namun apa jawaban Kholรฎfah โ€˜Umar ketika itu?

Beliau berkata: “Lepaskanlah dia, tiada pemotongan baginya!”

Para โ€˜ulamรขโ€™ mencatat banyak riwayat yang lain tentang ijtihรขd Kholรฎfah โ€˜Umar ุฑุถูŠ ุงู„ู„ู‡ ุชุนุงู„ู‰ ุนู†ู‡ untuk mengangkat sementara hukum Hadd potong tangan terhadap pencuri yang mencuri untuk makan pada masa paceklik. Sebab Kholรฎfah โ€˜Umar menganggap orang yang mencuri pada masa-masa paceklik (untuk makan) tidak bisa dikatakan sebagai pencuri (sรขriq) karena ada syubhรขt.

Itu Kholรฎfah โ€˜Umar ุฑุถูŠ ุงู„ู„ู‡ ุชุนุงู„ู‰ ุนู†ู‡โ€ฆ pribadi yang sangat tegas dan lurus, yang ketika dimintai pendapatnya tentang tawanan di Perang Badar, maka pendapatnya untuk membunuh semua tawanan itulah yang Allรดh ๏ทป benarkan (sementara pendapat Abรป Bakar ุฑุถูŠ ุงู„ู„ู‡ ุชุนุงู„ู‰ ุนู†ู‡ untuk meminta tebusan, yang akhirnya dipilih oleh Baginda Nabรฎ ๏ทบ, adalah pendapat yang keliru, sebab ketika itu belum turun perintah bolehnya meminta tebusan atas tawanan).

Sementara kini jika kita saksikan, ada kakek-kakek mencuri ayam karena lapar, lalu digebuki sampai mati. Atau anak yatim piatu mencuri karena kakeknya sakit dan tak mampu bekerja lalu disiksa habis-habisanโ€ฆ

Baca Juga:   Konsekuensi Ucapan Ketua BPIP, Agama Islam Tidak Boleh Ada

Maka sungguh marah rasanya hati iniโ€ฆ!!!

Di mana letak nurani kalian, wahai orang-orang yang sadis???
Kenapa kalian berbuat sekejam itu kepada orang-oramg lemah yang kelaparan???

Mereka itu mencuri untuk sesuap makananโ€ฆ

Mereka bukanlah begal motor brutal bersenjatakan kelewangโ€ฆ

Subhรขnallรดhโ€ฆ ๐Ÿ˜ญ๐Ÿ˜ญ๐Ÿ˜ญ

Jika kalian kejam terhadap orang-orang yang lemah, maka percayalah kalian akan diperlakukan dengan kejam pula oleh penguasa kalianโ€ฆ! ๐Ÿ˜ค

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
[COVID19 confirmed_title="Cases" deaths_title="Deaths" recovered_title="Recovered"]
%d bloggers like this: